The IS/IT Strategy Formulation and Planning Framework

Melanjutkan pembahasan yang sebelumnya, sekarang sy akan mencoba membahas IS/IT Strategy Formulation and Planning Framework.

Dalam melakukan proses perumusan IS/IT Strategy dibutuhkan sebuah perencanaan dan formulasi yang tepat agar dapat berjalan efektif sesuai dengan tujuan dari bisnis. Perencanaan dan formulasi IS/IT Strategy tersebut dapat dilakukan melalui dengan menggunakan pendekatan dan kerangka atau framework dari IS/IT Strategy. Hal ini dapat dimulai dengan mempelajari model dari IS/IT Strategy terlebih dahulu lalu memetakan kebutuhan bisnis ke dalam sebuah framework.

Menurut beberapa ahli, ada beberapa model atau sarana yang dapat digunakan untuk melihat atau menentukan strategi IS/IT yang diterapkan di sebuah perusahaan, salah satunya adalah Portfolio model McFarlan :

portfoliomatrx2

Berdasarkan tabel di atas, kita dapat menggambarkan posisi sebuah perusahaan dari sisi penggunaan dan pemanfaatan IS/IT.
1. Strategic : sebuah perusahaan dikategorikan strategic apabila sistem atau aplikasi yang diterapkan berdampak yang signifikan terhadap strategi bisnis perusahaan.
2. High Potential : jika aplikasi atau sistem ada kemungkinan memiliki peranan penting guna mencapai tujuan akhir bisnis perusahaan.
3. Key Operationals : aplikasi atau sistem yang ada sekarang menjadi kunci penting bagi kesuksesan yang ada pada saat ini di perusahaan.
4. Support : jika aplikasi atau sistem hanya sebagai pendukung bagi kegiatan bisnis perusahaan dan tidak berdampak banyak ke dalam strategi perusahaan.

Setelah menganalisa dan memetakan kondisi perusahaan ke dalam Portfolio model diatas, maka tahap selanjutnya adalah identifikasi perencanaan strategi IS/IT dengan melihat Model IS/IT Strategy.

This entry was posted in Knowledge Sharing and tagged , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *