IS/IT Strategic Planning

Strategi merupakan hal yang terpenting bagi sebuah perusahaan jika ingin berkembang atau memenangkan persaingan yang ada. Ibarat sebuah perahu tanpa kemudi, begitu juga dengan organisasi tanpa adanya strategi, organisasi tersebut akan berjalan tanpa arah dan tujuan yang jelas. Oleh sebab itu, keberadaan strategi sangatlah berarti bagi perjalanan bisnis sebuah organisasi.

Strategy is an integrative pattern of long-term objectives, decisions, actions programs and resource allocation priorities, which reveals mission and purposes of the organization” (Mikhail Pevzner, 2006)
Strategi adalah model yang terintegrasi untuk tujuan jangka panjang, pengambilan keputusan, melakukan prioritas alokasi sumber daya dan program, yang mencerminkan misi dan tujuan organisasi.

Saat ini ada banyak strategi yang sering digunakan dalam sebuah perusahaan dan untuk tujuan yang berbeda-beda, seperti strategi marketing, strategi penjualan, dan sebagainya. Namun terlepas dari semua strategi yang ada , salah satu strategi yang sangat penting bagi perusahaan di tengah persaingan global pada saat ini adalah strategi perencanaan sistem dan teknologi informasi (IS/IT Strategic Planning). Mengapa dikatakan penting? IS/IT pada saat ini adalah salah satu faktor penentu dari keberhasilan sebuah perusahaan di tengah persaingan yang cukup ketat. Dengan memadukan dan menerapkan IS/IT ke dalam strategi bisnis perusahaan maka akan menjadikan nilai tersendiri bagi perusahaan tersebut untuk mencapai tujuan bisnis.

Pada dasarnya IS/IT Strategy terdiri dari dua, yaitu komponen IS dan komponen IT. Strategi IS mendefinisikan kebutuhan organisasi atau permintaan untuk informasi dan sistem untuk mendukung strategi bisnis secara keseluruhan. Sedangkan strategi IT menjelaskan visi yang terkait dengan bagaimana permintaan informasi dan sistem dapat didukung oleh teknologi. Hal ini berkaitan dengan penyediaan kemampuan dan sumber daya teknologi informasi, (termasuk perangkat keras, perangkat lunak, dan telekomunikasi) serta services seperti operasi komputer, pengembangan sistem dan user support.

Sebuah strategi tidak akan berjalan dengan efektif tanpa adanya perancangan yang matang terlebih dahulu. Begitu juga dengan strategy IS/IT, dibutuhkan perancangan terlebih dahulu agar dapat berjalan dan mencapai tujuan dari perusahaan.

Perencanaan strategi IS/IT haruslah sesuai dengan konsep utama dari bisnis perusahaan. Selain itu dibutuhkan campur tangan dari pihak manajemen dan pihak yang dapat mengerti maksud dan tujuan dari bisnis perusahaan yang akan diterapkan pada perencanaan strategi IS/IT.
Berikut tujuan umum dari perencanaan strategi IS/IT bagi perusahaan antara lain :
1.Penyesuaian IS/IT dengan bisnis untuk mengidentifikasikan bagian yang paling berpengaruh dan menentukan prioritas investasi
2.Memperoleh keunggulan kompetisi dari peluang bisnis yang tercipta dengan menggunakan IS/IT
3.Membangun infrastruktur teknologi yang fleksibel untuk masa depan dengan biaya yang efektif.
4.Mengembangkan sumber daya dan kompetensi yang layak untuk menerapkan IS/IT dengan sukses di seluruh bagian organisasi.

Dalam merencanakan sebuah strategi IS/IT, langkah awal yang harus diperhatikan adalah Kerangka untuk formulasi dan perencanaan Strategi IS/IT atau The IS/IT Strategy Formulation and Planning Framework. Dan untuk membahas Framework tersebut, silahkan lanjut di sini karena jika dibahas di halaman ini akan terlalu panjang 🙂

This entry was posted in Knowledge Sharing and tagged , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *