“3” mencoba “Blue Ocean Strategy” Akan sukses kah ?

Tanpa komputer, tanpa akses internet, layanan Twitter kini dapat diakses lewat SMS. Layanan tersebut untuk pertama kalinya disediakan Hutchison CP Telecom Indonesia melalui layanan seluler 3 / Tri ( source : kompas )


Amazing!! Itulah yang terlintas di benak saya sesaat setelah membaca artikel tersebut. Setelah gagal dan mengalami kerugian pasca batal nya kedatangan MU ke Indonesia, Tri (3) kembali bangkit dan mencoba membuat inovasi baru dengan menerapkan Blue Ocean Strategy, melalui penyediaan pelayanan pada pengguna Twitter melalui SMS. Inovasi yang cemerlang di tengah persaingan antar perusahaan layanan telekomunikasi di Indonesia.

Namun penilaian yang dilakukan oleh pihak Tri yang membuat statement bahwa Twitter adalah tren terkini di Indonesia menurut saya belum tepat. Why ? Menurut asumsi saya, jika kita bertanya pada 10 org mahasiswa / karyawan / siswa, lebih aktif dimana mereka apakah Facebook atau Twitter ? Dan menurut saya 70% dari mereka menjawab facebook. Hal ini berdasarkan kehidupan sosial di sekitar saya dan di sekitar relasi – relasi saya yang kebanyakan dari mereka lebih aktif di Facebook, dan untuk Twitter mungkin banyak yang memiliki Account namun belum seaktif Facebook.
Namun tidak menutup kemungkinan tahun 2010, Twitter akan lebih booming daripada Facebook. Yah let we see apakah strategy yang diterapkan oleh Tri (“3”) akan sukses dalam waktu dekat..

This entry was posted in Business. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *