Project Management

Melalui tulisan ini, saya hanya ingin sekedar berbagi atas pengalaman saya yang saat ini sedang mengerjakan sebuah project untuk pertama kalinya. Dan apabila ada salah satu dari Anda yang telah expert di bidang ini, saya harapkan respon dari Anda agar saya dapat belajar lebih banyak lagi.

Project Management. Kunci yang penting bagi sebuah project agar dapat mencapai goals. Tanpa adanya Project Management mungkin kita tidak akan pernah tahu apa yang harus dilakukan dan apa yang harus didahulukan. Meskipun pada kenyataan-nya banyak orang yang sering menghandle project – project memiliki pendapat bahwa hal yang wajar jika dalam sebuah project terjadi banyak masalah dan mundur dari schedule. Sebuah kenyataan yang menurut saya haruslah dibuang dari pemikiran kita.

Based on pengalaman pribadi, ketika sudah berada di posisi kritis atau sudah mendekati deadline maka semua terasa kacau dan tidak terkontrol, baik secara management maupun teknis. Rasanya schedule yang telah dibuat hancur begitu saja. Berangkat dari hal ini lah, saya ingin membagikannya kepada Anda semua, terutama bagi yang masih awam seperti saya.

Dalam menangani sebuah project, sangatlah diperlukan sebuah time schedule yang terperinci baik secara pribadi maupun team. Dan dari time schedule ini lah dijadikan semacam guide bagi kita dan team, akan tetapi bukan berarti sama persis, setidaknya kita memiliki sebuah panduan dalam melaksanakan sesuatu. Buatlah sebuah schedule yang terperinci untuk kepentingan pribadi Anda, yang berisi semua pekerjaan yang ditugaskan kepada Anda secara detail. Tidak perlu dalam bentuk formal. Cukup Anda saja yang mengerti. Jika orang lain atau Team Anda telah memiliki schedule tersendiri maka simpanlah schedule pribadi tersebut untuk kepentingan Anda, dan yang pasti schedule tersebut haruslah up-to-date setiap saat, bahkan jika diperlukan setiap hari atau setiap ada aktivitas. Ketika project yang sedang Anda tangani telah memasuki masa kritis atau masa dimana deadline hampir tiba dan Team Anda kurang begitu memanfaatkan waktu sehingga schedule Team Anda menjadi berantakan maka schedule pribadi yang Anda buat dapat Anda ajukan sebagai panduan bagi mereka yang sudah kehilangan pegangan.

Kita tidak akan pernah tahu apa yang akan terjadi di dalam sebuah project, namun jika kita telah memiliki sebuah panduan yang berisi secara detail isi dari project tersebut maka kemungkinan untuk berada diluar jalur menjadi berkurang. Berikut saya lampirkan contoh Time schedule yang saya buat untuk kepentingan pribadi. Semoga kita dapat saling berbagi.
Progress Core
Short Schedule
Nb : Thanks to Rangga Wiseno buat saran dan masukkan-nya untuk Time Schedule.

This entry was posted in Knowledge Sharing and tagged , , . Bookmark the permalink.

One Response to Project Management

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *